Lokasi Training Outbound Malang

Kota Wisata Batu yang kita tahu sampai saat ini dengan berbagai pesona keindahan alam yang diimbangi dengan objek wisata alam wisata outbound malang maupun wisata buatan yang sangat terkenal karena kota wisata batu memiliki hawa yang sejuk dan dingin.karna sebenarnya hal tersebut tak lepas dari letak topografi kota yang berbatasan dengan Kabupaten Malang,pacet mojokerto dan kota malang ini juga dijaga oleh delapan gunung besar yang mengelilingi kota wisata batu.

Dengan luas wilayah sekitar 202,30 km2, Kota Wisata Batu memiliki topografi yang sebagian besar didominasi oleh kawasan dataran tinggi dan perbukitan yang berlembah-lembah yang terletak di lereng dua pegunungan besar, yaitu Arjuno-Welirang dan Butak-Kawi-Panderman. Bahkan, kota ini memiliki hamparan hutan lindung di wilayah sebelah utara pusat kota bernama Taman Hutan Raya Raden Soerjo.Berada di kaki dan lereng pegunungan pada ketinggian berkisar  700 – 1.700 meter di atas permukaan laut,kota wisata batu memiliki suhu udara antara mencapai 12-19 derajat Celsius.

Dengan delapan gunung yang mengelilinginya kota wisata batu dibatasi oleh berbagai gunung besar yaitu Gunung Anjasmoro (2.277 m), Gunung Arjuno (3.339 m), Gunung Banyak (1.306 m), Gunung Kawi (2.551 m), Gunung Panderman (2.045 m), Gunung Semeru (3.676 m), Gunung Welirang (3.156 m), dan Gunung Wukir (335 m).Dengan banyaknya gunung yang mengitari dan menyelimuti kota wisata batu dengan berbagai tingkat ketinggian menjadikan kota wisata batu sebagai salah satu destinasi pilihan para pecinta pendakian gunung dengan berbagai pilihan jalur pendakian yang memberikan sensasi dan pengalaman berbeda.

Karena berada di antara gunung-gunung besar kota wisata batu kerap dijadikan sebagai sebuah destinasi wisata outbound malang,Lapisan tanah tertingginya berupa tanah mekanis yang memiliki tingkat kesuburan yang tinggi, karena banyak mengandung mineral yang berasal dari ledakan gunung berapi. Tak heran jika di kota ini terdapat banyak agrowisata alias wisata perkebunan, serta petik buah dan sayur.

Kota Wisata Batu memiliki jenis tanah yang sebagian besar merupakan andosol. Selanjutnya, secara berurutan di bawahnya ada kambisol, latosol dan aluvial.Kota Batu dahulu merupakan bagian dari Kabupaten Malang, yang kemudian ditetapkan menjadi kota administratif pada 6 Maret 1993. Pada tanggal 17 Oktober 2001, Batu ditetapkan sebagai kota otonom yang terpisah dari Kabupaten Malang.

Terletak 90 km sebelah barat daya Surabaya atau 15 km sebelah barat laut Malang. Kota Batu berada di jalur yang menghubungkan Malang-Kediri dan Malang-Jombang. Kota Batu berbatasan dengan Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan di sebelah utara serta dengan Kabupaten Malang di sebelah timur, selatan, dan barat. Wilayah kota ini berada di ketinggian 700-1.700 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata mencapai 12-19 derajat Celsius.

Batu dikenal sebagai salah satu kota wisata terkemuka di Indonesia karena potensi keindahan alam yang luar biasa. Kekaguman bangsa Belanda terhadap keindahan dan keelokan alam Batu membuat wilayah kota Batu disejajarkan dengan sebuah negara di Eropa yaitu Swiss dan dijuluki sebagai De Kleine Zwitserland atau Swiss Kecil di Pulau Jawa Bersama dengan Kota Malang dan Kabupaten Malang, Kota Batu merupakan bagian dari kesatuan wilayah yang dikenal dengan Malang Raya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *