Outbound Di Malang Jawa Timur

GUNUNG PANDERMAN,Untuk para outbound malang pecinta pendaki gunung atau yang masih dalam kategori pemula, tidak ada salahnya mencoba untuk mendaki gunung yag masih dalam kategori mudah dengan pemandangan indah Gunung Butak.salah satu gunung yang disebut sebut sebagai bagian dari rangkaian gugusan pegunungan yang menyerupai putri tidur dengan ketinggian 2878 mtr diatas permukaan laut.

Ada banyak jalur pendakian outbound malang untuk menuju ke kepala Gunung Putri Tidur ini. Yakni, jalur Sirah Kencong (Blitar), jalur Princi (Dau), serta jalur Gunung Kawi (Kepanjen).tiap jalur outbound malang memiliki pemandangan yang tidak sama serta dengan subyektif jalur Sirah Kencong dipandang yang paling indah pemandangannya. Namun jalur Princi yaitu yang paling cepat walau lumayan penuh tanjakan.

Jalur pendakian lewat Princi dapat dilewati outbound malang lewat cara menuju Gading Kulon, Princi, Dau. Jalur ini sedikit berlainan dengan Panderman atau Sirah Kencong yang sediakan perizinan untuk pergi. Namun bila Anda ke sana memakai sepeda motor, anda dapat menitipkannya ke satu tempat tinggal yang bercat biru yang keseharian berjualan tahu campur. Dari  lokasi tersebut nanti perjalanan dilanjutkan di jalanan yang lumayan landai dengan medan yang didominasi dataran beraspal tidak tebal.

Jalur Gunung Panderman dari  arah batu Gunung panderman  ini mempunyai tinggi 2045 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung panderman adalah gunung outbound malang yang berdiri kokoh di sebelah barat dan menjadi latar background ikon Kota Batu yang dikenal sebagai kawasan wisata outbound malang.Dari Malang, gunung ini terlihat sebagai kaki dari gugusan gunung yang membentuk sebuah siluet putri tidur jika senja hari tiba.

Namun, untuk Panderman Anda tidak perlu mendaki dari 0 mdpl karena pendakian outbound malang yang dilakukan hanya separuhnya saja (dari 1000an mdpl). Untuk pergi ke sana dibutuhkan stamina yang bagus mengingat track di gunung ini kebanyakan sangat miring.

Jalur umum yang sudah dikenal sebagai tempat pendakian wisata outbound malang berawal dari Dusun Toyomerto, Desa Pesanggrahan, Kecematan Batu. Sedangkan jalur kedua adalah jalur Curah Banteng. Sebuah jalur yang khusus diperuntukkan training outbound malang kepada para pendaki yang sudah berpengalaman karena tingkat kemiringannya cukup tinggi bahkan beberapa diantaranya harus dipanjat karena punya kemiringan hingga 90 derajat, meskipun sebenarnya ini adalah jalur pintas.

Untuk jalur pertama, Anda bisa langsung menuju ke Toyomerto, Dusun itu bisa dicapai dari Alun-alun ada sebuah jalan ke barat, dan dari perempatan kedua belok ke kiri. Di sana ada perempatan yang salah satu jalannya punya gerbang atau gapura yang bertulis “Wisata Panderman”, dari sana nanti ada tempat parkir kendaraan sekaligus untuk mengurus perizinan mendaki. Di ketinggian 1330 mdpl ada sebuah sumber air dan Anda bisa mengisinya, karena nanti tidak dijumpai air bersih lagi.

Dari Watu Gede bisa dilanjutkan lagi, dan ada sebuah sabana yang diiringi tanjakan yang cukup menguras energi, puncak sudah semakin dekat dengan medan yang agak menanjak. Puncak dari Panderman sendiri dinamakan Puncak Basundara (2045 mdpl). Dari puncak pemandangan alam sekitar sangat indah. Anda juga bisa melihat Gunung Arjuno dan Gunung Welirang yang sepertinya sangat dekat. Di sisi timur, juga terlihat Gunung Tengger dan Gunung Semeru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *